Pengertian Surat

Pengertian Surat 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim. Informasi yang diberikan di dalam surat berupa pengantar, pemberitahuan, tugas, permintaan, perjanjian, pesanan, perintah, laporan dan putusan. Selain itu, surat juga dapat berisi peringatan, teguran, dan penghargaan. 


Surat adalah media komunikasi tertulis yang melibatkan pengirim dan penerima. Pengertian surat bisa dipahami dalam konteks pribadi maupun formal atau resmi. Sebagai media tertulis, jenis dan bentuk surat berkembang pesat, mulai dari surat tradisional hingga elektronik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian surat adalah kertas dan sebagainya yang bertulis (berbagai-bagai isi maksudnya). Pengertian surat juga dimaknai sebagai secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan. KBBI juga mendefinisikan pengertian surat secara lebih sederhana, yaitu sesuatu yang ditulis; yang tertulis; tulisan.

 

Pengertian surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim.  Biasanya, informasi yang diberikan di dalam surat berupa pengantar, pemberitahuan, tugas, permintaan, perjanjian, pesanan, perintah, laporan dan putusan. Pengertian surat juga bisa berisa peringatan, teguran, hingga penghargaan.

 

Pengertian surat juga dapat dimaknai sebagai informasi tertulis yang berfungsi sebagai sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan prangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di prangko harus semakin besar juga

 

BACA JUGA :

Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan prangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di prangko harus semakin besar juga.

Tujuan surat adalah menyampaikan pesan atau informasi. Isinya bisa apa saja tergantung kebutuhan, mulai dari pemberitahuan, permohonan, penawaran, dan sebagainya. Dalam konteks resmi, surat dikelompokkan berdasarkan berbagai kategori, misalnya isi pesan, urgensi, dan kebutuhan.

 

 


Mengapa Surat Dibutuhkan?

Fungsi surat sangat beragam, terutama dalam konteks formal atau bisnis. Surat merupakan sarana penyampaian informasi demi melancarkan aktivitas bisnis atau kerja. Surat juga menjadi dokumen untuk menandai kesepakatan, misalnya kerja sama dan jual beli.

 

Tergantung isinya, surat juga berfungsi sebagai dokumen pendukung dan arsip. Dalam dunia bisnis, arsip surat bisa dimanfaatkan sebagai bukti resmi, alat konfirmasi, hingga sarana pendukung kegiatan seperti audit.


Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat

 

Wassalam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel