Jenis-Jenis Surat

 Jenis-Jenis Surat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Selain memahami pengertian surat, kamu tentunya juga perlu mengetahui jenis-jenisnya. Jenis-jenis surat dapat dikenal dari berbagai macam pembagian tertentu.

Jenis Surat Menurut Sifat Isi dan Asalnya

Menurut sifat isi dan asalnya, surat dibagi menjadi 3 macam yang mungkin sudah banyak diketahui. Macam macam surat tersebut adalah:

- Surat pribadi. Menurut sifat dan asalnya, macam macam surat yang pertama adalah surat pribadi. Surat ini merupakan surat yang sifatnya pribadi. Biasanya dikirimkan kepada orang lain atau petugas dalam suatu lembaga.

- Surat dinas. Jenis surat selanjutnya adalah surat dinas. Surat dinas ini biasanya digunakan untuk kepentingan tugas dinas oleh instansi-instansi tertentu, baik instansi sipil maupun militer.

- Surat bisnis atau surat niaga. Surat yang dipakai untuk keperluan bisnis oleh lembaga-lembaga usaha disebut juga dengan surat bisnis atau surat niaga.

 

Jenis Surat Menurut Jumlah Penerima

Menurut jumlah penerimanya, surat dibagi menjadi 3 jenis. Di antaranya adalah:

- Surat biasa. Surat biasa biasanya ditujukan kepada satu orang penerima atau satu orang petugas dari sebuah lembaga.

- Surat pengumuman. Surat pengumuman biasanya ditujukan kepada sekelompok orang atau suatu lembaga.

- Surat edaran. Surat edaran lebih memiliki jumlah penerima yang lebih dari satu orang. Biasanya ditujukan kepada banyak orang atau banyak lembaga, bahkan kepada seluruh masyarakat.

 

Jenis Surat Berdasarkan Jangkauannya

- Surat Internal. Surat internal merupakan surat yang asalnya dari dalam suatu kantor atau perusahaan dan ditujukan ke divisi lain di perusahaan yang sama. Surat ini tidak ada kaitannya dengan orang luar.

- Surat Eksternal. Sedangkan surat eksternal merupakan surat yang asalnya dari luar kantor atau perusahaan yang masuk melalui pengiriman pos surat.

BACA JUGA :


Jenis-Jenis Surat

Jenis Surat Berdasarkan Tujuannya

- Surat perintah. Surat perintah adalah salah satu jenis surat yang memiliki tujuan agar pihak penerima surat melakukan sesuatu yang dijelaskan dalam surat tersebut.

- Surat peringatan. Surat peringatan memiliki tujuan untuk mengingatkan kesalahan seseorang. Surat ini biasa ditemukan pada suatu instansi.

- Surat keputusan. Surat keputusan bertujuan dalam menyampaikan keputusan yang diambil atas dasar pertimbangan pada suatu organisasi.

- Surat pemberitahuan. Tujuan surat pemberitahuan adalah sebagai pemberitahuan kepada banyak pihak yang merupakan bagian dari suatu lembaga.

- Surat permintaan. Surat permintaan merupakan surat yang bertujuan untuk meminta informasi lebih rinci mengenai sesuatu.

- Surat panggilan. Surat panggilan biasanya digunakan untuk memanggil suatu pihak baik secara personal maupun organisasi.

- Surat susulan. Surat susulan adalah surat yang berisi penegasan dari surat yang pernah dikirim sebelumnya.

- Surat penawaran. Surat penawaran biasanya selalau berhubungan dengan jual-beli barang atau jasa yang isinya mengenai penawaran spesifikasi dan harga.

- Surat laporan. Surat laporan merupakan surat yang berisi laporan kerja kepada orang lain.

 

Jenis Surat Berdasarkan Wujudnya

- Kartu pos. Kartu pos adalah surat yang isinya ditulis pada secarik kertas dan dikirim melalui pos. Biasanya berukuran 10×15 cm.

- Telegram. Telegram merupakan pesan singkat yang dikirim dari jarak jauh dalam waktu cepat dengan bantuan pesawat telegram.

- Warkat pos. Warkat pos adalah surat tertutup yang dibuat dari sehelai kertas cetakan dan dapat dilipat seperti amplop.

- Surat bersampul. Surat bersampul adalah surat yang dibuat dalam beberapa helaian kertas terpisah dimana untuk mengirimnya harus menggunakan amplop.

- Memorandum dan Nota. Memorandum dan nota merupakan surat yang digunakan untuk keperluan internal suatu organisasi yang bertujuan untuk memberi/ meminta informasi antar pejabat kantor.


Jenis Surat Berlandaskan Kegiatan

Surat Internal

Adalah surat yang berhubungan dengan ruang lingkup di dalam suatu lembaga atau instansi.

Surat Eksternal

Merupakan surat yang berkaitan dengan pihak luar dari sebuah instansi atau perusahaan.


Jenis Surat Berlandaskan Sifat Surat

Surat Pribadi

Merupakan surat yang dipakai untuk kepentingan diri sendiri dalam ruang lingkup yang kecil. Biasanya surat ini diperuntukan untuk kepentingan persahabatan dan kekeluargaan.

Ciri-ciri dari surat pribadi adalah: Menggunakan bahasa yang bebas tergantung dari tujuan penulis, memiliki variasi salam penutup dan pembuka, format dan bentuk surat bebas, tidak memakai nomor surat dan kop surat.

Surat Niaga

Surat ini merupakan jenis surat untuk kepentingan perdagangan atau surat jual beli yang diciptakan oleh kantor, instansi, lembaga atau perusahaan. Surat ini biasanya dipakai oleh badan usaha yang mengadakan aktivitas usaha niaga seperti usaha jasa dan industri.

Surat niaga sangat penting untuk membuat relasi yang aman dan terpercaya dengan pihak tertentu dari luar. Surat ini biasanya berupa kwitansi, surat jual beli dan perdagangan yang dibagi menjadi dua yakni surat internal dan eksternal, contohnya adalah surat penagihan dan surat penawaran.

Surat Dinas

Surat jenis ini dipakai untuk keperluan pekerjaan formal pada tugas kantor dan lembaga dinas. Surat ini sangat membantu dalam kerapian administrasi dari sebuah perusahaan, dinas atau kantor.

Fungsi dari surat dinas itu sendiri adalah sebagai bukti, pengingat dan arsip dari perjalanan sebuah perusahaan, instansi, kantor atau lembaga.

Surat Resmi 

Merupakan jenis surat yang digunakan untuk kepentingan perseorangan, lembaga maupun organisasi yang di dalamnya terkandung kerjasama hubungan suatu perusahaan.

Ciri-ciri dari surat resmi adalah: 1. Terdapat lampiran, nomor & perihal, 2. Terdapat aturan yang baku, 3. Memakai salam pembuka & penutup yang formal, 4. Menggunakan bahasa formal, 5.  Terdapat tanda cap dari institusi yang resmi, 6. Memakai kop surat, jika dibuat oleh organisasi.


Jenis Surat Berdasarkan Keamanan Isi

Surat Sangat Rahasia

Biasanya surat ini memakai kode SRHS SR, yang mana hanya orang yang tertentu saja yang bisa membaca.

Surat Rahasia

Merupakan surat yang sering kali mempunyai kode R atau RHS, yang mana hanya individu tertentu saja yang bisa membuka dan membacanya.

Surat Biasa

Surat ini seringkali bisa diketahui tulisan dan maksudnya oleh siapapun karena memiliki sifat yang tidak rahasia atau berkepentingan.

Menurut Tujuan

Perintah

Merupakan jenis surat yang memiliki misi berupa memberikan sebuah perintah kepada si penerima surat.

Pemberitahuan

Merupakan jenis surat yang mempunyai tujuan untuk mengumumkan atau menginformasikan sesuatu yang dilakukan oleh pengirim surat untuk penerima surat.

Permintaan

Merupakan jenis surat yang digunakan untuk menyatakan permintaan sesuatu kepada si penerima surat. Ini bertujuan agar permintaan si pengirim surat bisa terkabul.


Jenis Surat Berlandaskan Wujud Surat

Surat Tanda Bukti

Merupakan surat fakta sebagai tanda bukti dari sebuah bisnis atau urusan. Misalnya adalah surat seperti tanda terima, kwitansi dan faktur.

Memo dan Nota

Merupakan surat yang berlandaskan wujud yang diciptakan dalam lingkungan lembaga, instansi perusahaan yang berfungsi sebgai perintah atau pendoman bagi karyawan.

Surat Biasa

Merupakan surat yang dibuat pengirim untuk diserahkan kepada penerima yang bisa dikirim menggunakan amplop. Surat ini biasanya menggunakan kertas fisik.

Surat Tertutup

Merupakan surat yang hanya diketahui oleh segelintir orang saja, yakni si pengirim dan si penerima surat.

Surat Terbuka

Merupakan surat yang dibuat untuk urusan individu atau organisasi yang dikirim dan dipublikasikan di media massa.

Kesimpulan

Fungsi surat selain untuk alat komunikasi juga bisa sebagai bukti nyata dari berjalannya suatu lembaga, perusahaan atau instansi. Jenis surat dan bentuk surat merupakan sarana penulis agar surat yang ditulis bisa efektif dan efisien sesuai dengan apa yang dituju dan apa yang ingin dicapai si pengirim.

Meskipun zaman mulai berkembang dengan korespondensi atau cara berkirim surat melalui e-mail yang semakin digital, kita sebagai manusia harus tetap mengetahui hakikat dan bentuk dan jenis surat ini.

 

Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat

 

Wassalam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel