Bentuk Soal Asemen Nasional 2024 dan Komponennya

Bentuk Soal Asemen Nasional 2024 dan Komponennya


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh


Asesmen Nasional (AN) kembali akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini.  Asesmen Nasional adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kemendikbudristek pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Asesmen Nasional berutjuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Hasil Asesmen Nasional yang meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar tersebut selanjutnya akan muncul pada Rapor Pendidikan satuan pendidikan dan Rapor Pendidikan daerah.

Oleh karena itu, seluruh satuan pendidikan, peserta didik, kepala satuan pendidikan, dan pendidik yang memenuhi persyaratan akan menjadi peserta dalam Asesmen Nasional 2024.

Hasil Asesmen Nasional 2024 dapat dijadikan sebagai alat refleksi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan iklim satuan pendidikan dan tidak dijadikan alat untuk memeringkatkan satuan pendidikan yang ada di Indonesia.

Satuan pendidikan diharapkan mampu merefleksikan hasil Asesmen Nasional ke dalam sistem pembelajaran. Dengan demikian, para tenaga pendidik dapat menerapkan teaching at the right level (mengajar pada level yang tepat) serta fokus membangun kompetensi dan karakter para peserta didik.

Selain itu laporan satuan pendidikan yang terkait dengan iklim belajar dan iklim satuan pendidikan diharapkan dapat ditindaklanjuti untuk menyusun dan melaksanakan program-program yang mendorong terciptanya iklim belajar yang positif dan kondusif.


BACA JUGA :



Bentuk Soal Asemen Nasional 2024 dan Komponennya

Bentuk Soal Asemen Nasional 2024
Bentuk Soal Asemen Nasional 2024

Bentuk Soal Asesmen Nasional 2024 dan Komponennya

Instrumen AN disiapkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Instrumen AN disiapkan dalam bentuk soal digital dan merupakan dokumen negara yang bersifat rahasia.

Instrumen Asesmen Nasional terdiri atas:

1. AKM mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dalam Literasi Membaca dan Numerasi;

2. Survei Karakter mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran yang mengacu pada Profil Pelajar Pancasila; dan

3. Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas lingkungan belajar pada Satuan Pendidikan.

Bentuk soal Asesmen Nasional sesuai POS Asesmen Nasional 2024 terdiri dari:

1. bentuk soal objektif (Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, dan Isian Singkat); dan

2. bentuk soal nonobjektif (Uraian).

Komponen AKM terdiri atas konten, level kognitif, dan konteks dengan rincian sebagai berikut.

Komponen AKM

REKOMENDASI KAMI :


Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat

 

Wassalam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel