Buku Panduan KPPS 2024

Buku Panduan KPPS 2024


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua, om suwastiastu, namo budaya, salam kebajikan, Segala puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang selalu memberikan kenikmatan kepada kita semua.

Pelaksanaan Pemilu 2019 yang menyelenggarakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota secara serentak merupakan salah satu tonggak sejarah Pemilu di Indonesia. Pada Pemilu 2019 inilah Pemilu pertama kali dilaksanakan secara serentak. Kini setelah 5 (lima) tahun berlalu, KPU kembali akan menyelenggarakan Pemilu Serentak, tentu dengan harapan pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 ini lebih baik daripada pemilu sebelumnya.

Sebagai upaya KPU dalam menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2024 dapat terlaksana dengan lebih baik, KPU telah mempersiapkan hal-hal baru dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, yakni penyederhanaan formulir dan pengaturan norma yang baru. Pengaturan norma tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu dan Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

 

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada seluruh penyelenggara Pemilu baik KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK/PPD, PPS maupun KPPS, berkat upaya dan kerja keras rekan-rekan sekalian sehingga mampu terlaksana penyelenggaraan Pemilu yang jujur, adil dan luber.

Berbagai upaya kita lakukan untuk mendukung penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara, salah satunya adalah dengan menerbitkan buku panduan KPPS. Selain itu, dalam Pemilu Serentak 2024 ini KPU memanfaatkan teknologi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP), dimulai dari penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai Penetapan Hasil. SIREKAP digunakan sebagai alat bantu rekapitulasi dan publikasi hasil, sehingga diharapkan hasil Pemilu Serentak lebih akurat, akuntabel dan terpercaya.

Besar harapan kami buku panduan ini dapat menjadi bahan bacaan sekaligus panduan dan pembelajaran bagi teman-teman KPPS, sehingga paling tidak masalah-masalah yang muncul saat pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 dapat diselesaikan dengan baik oleh KPPS.

Akhir kata saya mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh anggota KPPS, semoga apa yang kita kerjakan dapat menjadi ladang ibadah untuk kita semua.

Salam Demokrasi.

BACA JUGA :


DOWNLOAD dan BACA Buku Panduan KPPS 2024

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat

 

Wassalam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel