Surat Permohonan Pengunduran Diri yang Baik Dan Sopan
Surat Permohonan Pengunduran Diri yang Baik Dan Sopan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Ketika Anda memutuskan untuk berpisah dari kantor saat ini, surat
resign atau surat pengunduran diri adalah salah satu hal penting yang perlu
disiapkan. Surat tersebut ditujukan kepada atasan serta HRD perusahaan sebagai
pemberitahuan sekaligus tanda bahwa Anda ingin berhenti dari pekerjaan.
Terdapat banyak faktor yang mendorong seseorang memutuskan untuk
resign dari pekerjaannya saat ini. Bisa karena mendapatkan tawaran lebih baik
di perusahaan lain, merasa mendapatkan lingkungan kerja yang toksik, tidak sesuai
passion, tidak berkembang, atau karena lokasi kantor yang terlalu jauh. Apapun
alasannya, Anda perlu membuat surat resign.
Karyawan yang mengundurkan diri berarti memutus atau mengakhiri
hubungan kerja dengan perusahaan terkait. Dengan begitu, hak dan kewajiban akan
berakhir. Karena menyangkut mobilitas perusahaan, biasanya surat resign ini
harus diajukan sebelum pengunduran diri yang biasanya satu bulan sebelum
berhenti bekerja alias one month notice.
Surat resign tersebut punya fungsi administratif untuk
memberitahukan atasan dan HRD bahwa Anda memutuskan untuk berhenti bekerja dari
perusahaan tersebut.
Saat surat resign diberikan ke atasan atau HRD, maka surat menjadi
pemberitahuan bahwa perusahaan harus segera mencari pengganti. Karena
perusahaan butuh waktu untuk mencari karyawan pengganti, surat resign tidak
bisa diajukan mendadak. Ini juga penting agar hubungan Anda dengan perusahaan
tetap terjalin baik meski tidak bersama lagi.
Surat resign atau pengunduran diri perlu dibuat dengan baik dan
sopan. Ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja dengan
profesionalisme tinggi. Selain bakal membuat citra positif di tempat kerja
lama, ini juga menjadi sikap yang perlu Anda miliki sebelum bergabung dengan
perusahaan baru.
Siapkan ini sebelum membuat surat resign
1. Menulis Surat Resign
Jangan lupa untuk
meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan. Caranya, Anda bisa menulis surat
resign yang baik dan sopan. Jadi, gunakan pilihan kata yang tepat dalam
menuliskan surat pengunduran diri sebelum menyampaikannya ke atasan dan HRD.
2. Cari Waktu yang Tepat untuk Bertemu Atasan
Bicarakan dengan baik
niat mengundurkan diri ini kepada atasan Anda. Memang tidak mudah, tapi Anda
bisa menyiasatinya dengan mencari waktu yang tepat untuk bertemu atasan.
Cobalah untuk mencari waktu ketika atasan Anda tidak sibuk, saat beliau punya
emosi atau mood yang bagus, atau tidak memiliki janji meeting dengan seseorang.
Cara lain yang bisa Anda
lakukan adalah dengan membuat janji temu terlebih dahulu via email atau
telepon. Ketika waktunya tepat, Anda bisa mengungkapkan alasan pengunduran diri
tersebut kepada atasan.
3. Luangkan One Month Notice
One month notice (satu
bulan pemberitahuan) ini diperlukan perusahaan lama untuk mencari dan
mendapatkan karyawan baru agar posisi yang Anda tinggalkan tidak kosong. Dengan
begitu, mobilitas perusahaan tetap bisa terjaga.
Permohonan pengunduran
diri sudah diatur oleh pemerintah melalui Undang-Undang. Peraturan ini tertuang
dalam UU Pasal 26 ayat 2 Keputusan Menteri Tenaga Kerja terkait syarat
pengunduran diri dari tempat kerja yang berbunyi:
"Pekerja atau buruh
mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis dengan disertai
alasannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai
pengunduran diri:
Pekerja atau buruh tetap
melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri
Pekerja atau buruh tidak
terikat dalam ikatan dinas"
Mengacu pada peraturan
pemerintah, sebaiknya mengikuti aturan one month notice sebelum resign dari
perusahaan lama.
4. Cek Kontrak
Sebelum resign, cek
kontrak yang sudah Anda tanda tangani terlebih dahulu di awal masa kerja. Hal
ini berguna untuk melihat apakah ada denda yang harus dibayar jika mengundurkan
diri sebelum kontrak habis.
Konsekuensi yang akan
Anda dapatkan ketika resign sebelum kontrak habis biasanya berupa pengganti
gaji dalam periode tertentu atau senilai gaji di sisa masa kontrak.
5. Periksa Kebijakan Resign
Setiap perusahaan punya
kebijakan pengunduran diri yang berbeda-beda, termasuk waktu pengunduran diri.
Ada juga yang memiliki aturan dua bulan pemberitahuan sebelum resign. Sebisa
mungkin, berikan informasi jauh-jauh hari sebelum resign dari tempat Anda
bekerja.
6. Delegasikan Pekerjaan
Jika sudah tahu siapa
yang akan menggantikan posisi Anda nanti, sediakanlah waktu untuk membantu
orang tersebut mempelajari job desk yang akan dikerjakan. Ini jelas bakal
mempermudah proses transisi.
Bila Anda tidak bisa langsung memberikan panduan, cobalah untuk buat panduan alur kerja hingga kontak yang dapat dihubungi ketika mereka punya pertanyaan. Memang bukan sebuah keharusan, tapi hal ini akan meninggalkan kesan yang baik dan profesional kepada partner kerja Anda.
BACA JUGA :
- Pengertian Surat
- Jenis-Jenis Surat
- Bentuk-Bentuk Surat
- Surat Resmi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Bentuk, Contoh, dan Kegunaannya
- Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik
- Surat Permohonan Pengunduran Diri CPPPK Tahun 2023
- Surat Pengunduran Diri Versi Bahasa Inggris
- Cara Mudah Kompres PDF OnLine dan OffLine
- Alasan Resign Baik Dan Sopan yang Bisa Kamu Gunakan
DOWNLOAD Surat Permohonan Pengunduran Diri yang Baik Dan Sopan dalam bentuk MC Word ukuran Kertas HVS :
Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia / FOPPSI Kab Rokan Hulu), Semoga Bermanfaat
Wassalam