Prosedur Pengawasan Bagi Pengawas TPS Pemilu 2024

Prosedur Pengawasan Bagi Pengawas TPS Pemilu 2024


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

PETUNJUK PENGGUNAAN

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Pengawas TPS, disusunlah panduan yang menjadi pegangan utama dalam pengawasan pemungutan dan penghitungan suara. Panduan ini disusun  seringkas  mungkin  sehingga  memudahkan  PTPS  untuk  memahami  dan menggunakannya saat melaksanakan tugas.


Buku ini disusun dengan pendekatan proses dengan penekanan pada siapa melakukan apa dan apa fokus pengawasannya. Kegiatan pengawasan tahapan tersusun secara berantai dari satu tahapan ke tahapan berikutnya secara berurutan. Proses-proses pelaksanaan tahapan khususnya tahapan pemungutan dan penghitungan suara dengan sistem Siwaslu yang digunakan untuk mendokumentasikan secara digital. Dengan mengetahui proses pelaksanaan tahapan, tentu memudahkan dalam memahami pelaksanaan pengawasannya.


Panduan ini juga mencantumkan tanggung jawab para pihak sehingga memudahkan petugas TPS dalam memposisikan dan menentukan fokus pengawasan. Setiap tugas yang dilaksanakan oleh KPPS, Saksi dan Pemantau dalam tahapan yang sama disinkronisasikan antar satu sama lainnya untuk memudahkan Pengawas TPS dalam melaksanakan tugas pengawasan.


Petunjuk penggunaannya adalah:

  1. Panduan ini menjelaskan prosedur pelaksanaan pemungutan dan penghitungan

suara yang dijalankan oleh KPPS dan Saksi untuk mempermudah fokus pengawasan PTPS.

  1. Ikuti langkah-langkah pengawasan secara berurutan dimulai dengan langkah pertama

dan seterusnya secara tertib.

  1. Panduan dilengkapi dengan Form A dan instrumen pengawasan untuk mencatat setiap peristiwa/kejadian. Dalam konteks pencegahan dan penanganan pelanggaran, Form A dijadikan dokumen yang menjelaskan Upaya pencegahan dan menjelaskan dugaan pelanggaran bagi pengawas pemilu untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

  2. Panduan ini dilengkap dengan gambar, flowchart, infografis dan lain-lain yang berfungsi memudahkan dan memahami penggunaannya.

  3. Panduan ini sekaligus berisi tentang tata cara penggunaan Siwaslu. Setiap tahapan

terdapat isian laporan yang wajib menggunakan Siwaslu.



BACA JUGA :


DOWNLOAD Prosedur Pengawasan Bagi Pengawas TPS Pemilu 2024

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat

 

Wassalam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel