Buku Petunjuk Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (SIWASLU)

Buku Petunjuk Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (SIWASLU)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

SIWASLU adalah Sistem Pengawasan Pemilihan Umumyaitu perangkat yang digunakan sebagai sarana infor-masi dalam pengawasan proses dan hasil pemungutandan penghitungan suara serta penetapan hasil Pemilu.Pengawasan melalui Sistem Pengawasan Pemilu (SI-WASLU) adalah menyampaikan informasi hasil pe-mungutan dan penghitungan suara serta hasil pen-gawasan rekapitulasi suara berjenjang melalui sistemdaring yang cepat terkonsolidasi secara nasional.

Pengawas Pemilu mulai dariPengawas TPS, PengawasKelurahan/Desa, PengawasKecamatan, Bawaslu Kabupat-en/Kota, Bawaslu Provinsi danBawaslu RI melaksanakan pen-gawasan dengan menggunakanSiwaslu sesuai dengan tugas danfungsi sebagai berikut ini:

PENGAWAS PTPS

1. Mendapatkan pelatihan ten-tang penggunaan SIWASLUdalam kegiatan BimbinganTeknis PTPS.

2. Membaca buku saku, bukupanduan dan petunjukanpenggunaan SIWASLU.

3. Mempelajari Peraturan KPUdan Peraturan Bawaslu terkaitpemungutan dan penghitun-gan suara.4. Mengunduh aplikasi SIWASLUdan melaporkan hasil penga-wasan di HP/Perangkat yangsama.5. Melaporkan hasil pengawasan,pemungutan dan penghitun-gan suara mulai masa tenanghingga proses rekapitulasi 

 

Sasaran SIWASLU:

1.

 Peningkatan kinerja pengawasan dengan sistem terkiniserta kualitas penyajian data dan informasi yang akurat.2. Digitalisasi data yang lebih efektif dan efisien untuk di-mutakhirkan dan dianalisis lebih lanjut.3. Pengamanan data laporan pengawasan yang menggu-nakan jalur data daring yang aman sesuai standar.4. Penguatan hasil pelaporan yang lebih akurat, singkatserta disertai dengan bukti dokumen dalam bentukgambar.

Tujuan SIWASLU:

1.Memaksimalkan penyajian data dan informasi sertamempermudah pengambilan keputusan oleh penga-was Pemilu untuk meningkatkan kinerja pengawasanPemilu.

2.Memenuhi kebutuhan proses pelaporan dan pelayananinformasi terkini dalam proses pengawasan pemilihanumum

 

BACA JUGA :


DOWNLOAD Buku Petunjuk Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (SIWASLU)

Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat

 

Wassalam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel