Cara DOWNLOAD Sertifikat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi PPPK dengan CAT BKN
Cara DOWNLOAD Sertifikat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi PPPK dengan CAT BKN
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
SETELAH hasil seleksi diumumkan, peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat mengunduh sertifikat hasil seleksi kompetensi. Sertifikat tersebut dapat diunduh melalui situs sertifikat.bkn.go.id .
Sertifikat PPPK merupakan bukti sah bahwa yang bersangkutan telah mengikuti proses seleksi kompetensi untuk menjadi pegawai pemerintah. Proses download atau unduh sudah dapat dilakukan peserta sekaligus bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi
Cara Download Sertifikat Nilai Seleksi Kompetensi PPPK
Simak langkah-langkah mengunduh sertifikat nilai Seleksi Kompetensi PPPK di bawah ini:
1. Akses laman https://sertificat.bkn.go.id/
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Peserta
3. Pilih tipe seleksi "Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja"
4. Klik "Unduh"
5. Laman akan menampilkan sertifikat nilai Seleksi Kompetensi PPPK peserta
6. Unduh dan simpan file sertifikat di komputer/laptop
7. Jika peserta ingin memiliki sertifikat nilai Seleksi Kompetensi PPPK secara fisik, maka dapat mencetaknya.
Cara Cek Keaslian Sertifikat
Sertifikat nilai Seleksi Kompetensi PPPK dapat ditelisik keasliannya untuk memvalidasi skor yang tertera dalam dokumen. Pengecekan keaslian sertifikat dapat dilakukan via handphone dengan mengunduh aplikasi Validator SertifiCAT.
Selengkapnya, simak cara cek keaslian sertifikat nilai Seleksi Kompetensi PPPK di bawah ini;
1. Unduh aplikasi 'ValidatorSertifiCAT' di PlayStore atau AppStore
2. Setelah berhasil diunduh, pilih menu Scan QR Code
3. Kemudian klik "Scan"
4. Scan ataup Pindai sertifikat yang sudah diunduh
5. Jika sertifikat valid, aplikasi akan menampilkan nilai Seleksi Kompetensi PPPK beserta identitas peserta.
Fungsi Sertifikat PPPK
Sederet kegunaan dari sertifikat bisa bermanfaat untuk pelamar yang telah mengikuti seleksi kompetensi PPPK tahun 2024.
Berikut ini antara fungsinya:
1. Menjadi bukti izin bahwa nama yang tercantum dalam sertifikat telah mengikuti tes PPPK .
2. Sebagai alat pengikat apabila hasil seleksi tidak sesuai dengan yang ada. Caranya cukup menunjukkan kepada instansi terkait.
3. Instansi memerlukan sertifikat untuk melakukan verifikasi data peserta yang dinyatakan lulus.
4. Sertifikat menjadi penghargaan dari BKN atas peserta yang telah lulus PPK.
5. Sebagai kenang-kenangan dari BKN untuk peserta karena telah berhasil mengikuti seleksi.
6. Berguna untuk keperluan lain untuk melamar pada instansi tertentu yang mencantumkan sertifikat PPPK. Selain itu berguna juga untuk melanjutkan jenjang pendidikan. (H-2)
BACA JUGA :
- Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS Tahun 2024
- Syarat CPNS dan PPPK 2024
- Kepmenpan RB Nomor 320 Tahun 2024 tentang Mekanisme Seleksi Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2024
- Kepmenpan RB Nomor 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas CPNS
- Kepmenpan RB Nomor 322 Tahun 2024 Tentang Persyaratan STR Jabfung Kesehatan Pengadaan ASN Tahun 2024
- Persyaratan Pembuatan Gaji PPPK Kab Rokan Hulu Tahun 2024
- Undangan PPPK - Sosialisasi MyASN dan E Kinerja BKN Kab Rokan Hulu Tahun 2024
Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia / FOPPSI Kab Rokan Hulu), Semoga Bermanfaat
Wassalam