DOWNLOAD Kop DISDIKPORA Kab Rokan Hulu Tahun 2024

Contoh Kop DISDIKPORA Kab Rokan Hulu Tahun 2024 

 

Asslamu'alaikum wr.wb

Kop surat adalah salah satu bagian penting dalam membuat surat resmi, baik surat dari suatu perusahaan, instansi pemerintah, universitas, dan sekolah. Apakah detikers butuh referensi untuk membuat kop surat? Jangan bingung, simak contoh kop surat yang benar serta cara membuatnya dalam artikel ini.
Sebelum kita membahas cara membuat kop surat yang benar, mari kita pahami jenis-jenis kop surat terlebih dahulu.

Jenis-jenis Kop Surat
Saat ini kop surat terdiri dari dua macam, yakni kop surat resmi dan kop surat tidak resmi. Sebagai informasi, penggunaan kop surat resmi dan tidak resmi tergantung dari tujuannya. Simak penjelasannya berikut ini.
1. Kop Surat Resmi
Kop surat resmi biasanya digunakan untuk mengirim surat atas nama perusahaan, instansi pemerintah, universitas, dan sekolah. Kop surat resmi biasanya disertai dengan logo di sisi samping, alamat, nomor telepon, website resmi dan email.
2. Kop Surat Tidak Resmi
Sementara untuk kop surat tidak resmi biasanya tidak disertakan logo di sampingnya. Sehingga hanya mencantumkan nama dan informasi singkat seperti nomor telepon dan alamat email.

PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU

           DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

Alamat : Jln.Tuanku Tambusai KM.4 Komplek Perkantoran Pemkab Rohul

        Telp (0762) 91113 Fax. (0762) 9113 website :www.disdikpora.rokanhulukab.go.id

PASIR PANGARAIAN  KODE POS 28459


Fungsi Kop Surat
Kop surat berfungsi untuk memudahkan penerima surat, sehingga mereka dapat mengetahui kalau surat ini dikirim oleh siapa. Maka dari itu, kop surat wajib menyertakan nama, logo, alamat lengkap, nomor telepon, email, dan website resmi.

Khusus untuk surat niaga, pada umumnya kop surat dilengkapi dengan alamat kantor cabang, nama bank, jenis usaha, dan logo perusahaan. Hal ini sengaja dilakukan agar surat niaga dapat berfungsi dengan baik untuk:

1. Sebagai Alat Pengenal
Hadirnya logo, alamat, dan bidang usaha yang tercantum pada kop surat menunjukkan kalau perusahaan tersebut ada dan resmi.

2. Sebagai Alat Penyebaran Informasi
Dalam hal ini, kop surat yang lengkap dengan nama perusahaan, logo, alamat, email, dan nomor telepon akan memudahkan para klien atau calon pelanggan untuk menghubungi langsung perusahaan tersebut.

3. Sebagai Iklan
Tercantumnya logo dan alamat perusahaan dapat mengarahkan pembaca surat untuk mengecek langsung perusahaan tersebut, baik melalui sosial media atau website resminya. Selain itu, surat tersebut juga bisa menjadi sebuah iklan agar nama perusahaan semakin tersebar luas.

Struktur Kop Surat
Dalam membuat kop surat tidak bisa dilakukan secara asal, sebab ada sejumlah struktur yang perlu diperhatikan dalam menyusun kop surat. Simak struktur kop surat yang baik dan benar berikut ini.

Kop surat disusun secara lengkap meliputi logo, nama instansi, alamat, nomor telepon, email, dan website resmi.
Nama instansi ditulis dengan huruf kapital.
Huruf awal pada penulisan kata email, website, dan nomor telepon wajib menggunakan huruf kapital.


Penulisan nama instansi, jalan, dan nomor telepon jangan disingkat.
Khusus untuk surat niaga dapat ditambahkan macam-macam usaha, bidang kegiatan, dan nomor izin usaha.


Kenapa kop surat harus dibuat secara terstruktur? Sebab, kop surat berfungsi sebagai tanda pengenal dan memberi informasi kepada penerima surat. Kalau kop surat dibuat nggak sesuai, maka penerima surat bisa ragu apakah surat ini benar-benar resmi atau tidak.


BACA JUGA :


DOWNLOAD Kop DISDIKPORA Kab Rokan Hulu Tahun 2023 dan 2024


Selengkapnya silahkan Unduh Kop DISDIKPORA Kab Rokan Hulu Tahun 20218 s/d 2024 , yang mana 

Tahun 2018 Kadis Drs. H. IBNU ULYA, M.Si

Tahun 2023 Kadis MARGONO, S.Sos, M.Si

Tahun 2024 Kadis H. Damri Poti, S.Sos, M.Ap


Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat. 

Wassalam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel