LENGKAP CARA MENGAJUKAN PERMOHONAN AKUN BELAJAR.ID
LENGKAP CARA MENGAJUKAN PERMOHONAN AKUN BELAJAR.ID
Asslamu'alaikum wr.wb
Akun belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.
Dengan Akun belajar.id, kamu bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.
Apa itu Akun belajar.id?
Akun belajar.id merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.
Siapa saja yang dapat memiliki Akun belajar.id?
1. Peserta Didik, meliputi:
- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
- Sekolah Dasar (SD) dan Program Paket A kelas 1-6
- Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Program Paket B kelas 7–9
- Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Program Paket C kelas 10–12
- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas 10–13
- Sekolah Luar Biasa (SLB) kelas 5–12
2. Pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
3. Tenaga Kependidikan pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, meliputi:
- Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah)
- Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
4. Dinas Pendidikan, meliputi:
- Kepala Dinas Pendidikan
- Kepala Bidang pada Dinas Pendidikan
- Pengawas Sekolah
- Penilik Sekolah
- Pamong Belajar
Bagaimana cara mendapatkan Akun belajar.id?
Akun belajar.id, berupa nama akun (User ID) dan kata sandi (password), bisa didapatkan secara mandiri melalui langkah berikut:
1. Buka halaman https://belajar.id/
2. Masukkan data-data berikut:
o Nama Lengkap
o Nama Ibu Kandung
o Tipe Pengguna
o Tanggal Lahir
o Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
3. Kirim detail akun ke email pribadi apabila belum pernah mendapatkan password.
4. Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi yang Anda daftarkan.
Selain itu, Akun belajar.id juga bisa didapatkan melalui Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.
Bagaimana jika Pendidik dan Peserta Didik lupa kata sandi (password) Akun belajar.id?
Apabila Pendidik dan Peserta Didik tidak mengingat kata sandi (password), silakan menghubungi Admin Sekolah untuk mengajukan reset password.
Perlu diketahui, Anda hanya dapat melakukan reset password dengan dua kondisi berikut:
- Sesaat setelah aktivasi
- Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password)
Admin Sekolah dapat melakukan reset password dengan mengikuti panduan di sini.
Berikut adalah Beberapa Contoh Surat Permohonan Pembuatan Akun Belajar.id
1.
Contoh Surat Permohonan Admin Sekolah LIHAT DISINI
2.
Contoh Surat Permohonan Akun untuk Peserta Didik (Kolektif) LIHAT DISINI
2.1
Surat Permohonan Individu Akun Belajar Id Siswa (Individu) LIHAT DISINI
3.
Contoh Surat Permohonan Akun untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Kolektif) LIHAT DISINI
3.1
Surat Permohonan Individu Akun Belajar Id GuruPTK (Individu) LIHAT DISINI
4.
Surat Permohonan Akun Belajar Id Kolektif (Guru-Ptk-Siswa) LIHAT DISINI
5.
Contoh Pemohonan Akun karena Terhapus LIHAT DISINI
6.
Contoh Surat Perubahan data karena Mutasi LIHAT DISINI
7.
Contoh Surat Permohonan Akun karena PD Data Kosong LIHAT DISINI
8. Contoh Surat Permohonan Penghapusan Akun karena Dobel LIHAT DISINI
9. Contoh Surat Permohonan Akun untuk Dinas LIHAT DISINI
10. Contoh Surat Permohonan Akun Belajar.Id Guru menjadi Kepsek dalam satu sekolah LIHAT DISINI
11. Contoh Surat Permohonan Akun Belajar.Id Guru menjadi Kepsek dari sekolah lain LIHAT DISINI
Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia / FOPPSI Kab Rokan Hulu), Semoga Bermanfaat
Wassalam