Cara Mendapatkan Akun belajar.id

 Perlu diketahui!

Guru yang mendapatkan Akun belajar.id adalah guru yang terdaftar sebagai tenaga pendidik dan berstatus aktif di Dapodik.

Anda dapat memeriksa ketersediaan Akun belajar.id secara mandiri melalui halaman https://belajar.id/ atau melalui Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di tempat Anda. 

 

Berikut langkah-langkah mendapatkan Akun belajar.id secara mandiri: 

1. Masuk ke halaman https://belajar.id/ 

2. Klik Pilih tipe pengguna

Screen_Shot_2022-05-22_at_18.39.36.png

3. Pilih Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Screen_Shot_2022-05-22_at_18.42.48.png

4. Klik Cari Akun Pembelajaran 

Screen_Shot_2022-05-22_at_18.44.40.png

5. Masukan NPSN Anda, lalu klik Selanjutnya 

Screen_Shot_2022-05-22_at_19.03.05.png

6. Masukan Nama Lengkap serta Tanggal Lahir Anda, kemudian klik Selanjutnya

Screen_Shot_2022-05-22_at_19.01.01.png

7. Setelah itu Anda akan mendapatkan keterangan mengenai status Akun belajar.id Anda. Berikut beberapa kondisi yang mungkin Anda temui:

  • Akun tersedia dan sudah aktif: Apabila akun Anda tersedia dan sudah aktif, artinya Anda sudah bisa menggunakan Akun belajar.id Anda untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.
  • Akun tersedia, namun belum aktif: Apabila akun Anda tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut:
    1. Kirim detail akun ke email pribadi yang terdaftar apabila belum pernah mendapatkan password dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya", Anda akan mendapatkan informasi berupa akun (User ID) dan kata sandi (password). Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga dapat mengirimkan informasi akun ke nomor ponsel yang terdaftar dengan klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya".

    2. Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi atau nomor ponsel Anda yang terdaftar.

    3. Lakukan aktivasi akun secara mandiri melalui Gmail dan buat kata sandi (password) yang baru. Kata sandi minimal 8 karakter dan terdiri dari huruf besar dan angka.

  • Akun tidak ditemukan: Apabila akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan pastikan kembali data yang Anda masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.

8. Jika Akun belajar.id tetap tidak ditemukan, silakan lakukan pemeriksaan status Akun belajar.id Anda ke Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.

9. Anda juga dapat menghubungi bantuan melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah halaman https://belajar.id/.

Perlu diketahui!

Pendidik bisa saja memiliki beberapa Akun belajar.id. Banyaknya akun yang dapat dimiliki ini berdasarkan pada jumlah jenjang yang diampu pendidik sesuai dengan yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel