SE Beasiswa Microcredential bidang STEM Program on Climate Change and Environmental Sustainability Bagi Guru SD dan SMP
SE Beasiswa Microcredential bidang STEM Program on Climate Change and Environmental Sustainability Bagi Guru SD dan SMP
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Di seluruh Indonesia
Dengan hormat kami informasikan kepada Saudara, bahwa dalam rangka meningkatkan kompetensi guru jenjang dasar (SD dan SMP) dalam pembelajaran STEM, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bekerjasama dengan Korea National University of Education, Korea Selatan, berkomitmen untuk mempersiapkan guru profesional masa depan. Direktorat Guru Pendidikan Dasar memberikan kesempatan kepada Guru SD dan SMP di Indonesia, untuk dapat mengikuti program beasiswa non gelar atau microcredential bidang STEM, Program on Climate Change and Environmental Sustainability Bagi Guru SD dan SMP, yang akan diselenggarakan secara daring dan luring (blended). Adapun jadwal seleksi dan pelaksanaan program beasiswa ini adalah sebagai berikut: 1. Pendaftaran peserta berlangsung pada tanggal 10 Oktober s.d. 19 November 2024;
2. Seleksi administrasi;
3. Seleksi wawancara;
4. Pelaksanaan program microcredential STEM selama 2 (dua) minggu pada bulan Desember 2024.
Persyaratan untuk program beasiswa ini sebagai berikut:
1. mengisi formulir pendaftaran pada laman https://gtk.kemdikbud.go.id/microcredential
2. berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan berusia paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun per 31 Desember pada tahun pendaftaran;
3. berstatus sebagai guru Aparatur Sipil Negara (ASN) atau guru tetap yayasan;
4. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
5. memiliki kualifikasi akademik studi program strata satu (S1/DIV) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 pada skala 4 atau yang setara;
6. memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun berturut-turut di satuan pendidikan PAUD/SD/SMP/SMA/SMK Non Kejuruan atau SLB;
7. memiliki kemampuan bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dengan skor minimal TOEFL ITP 450/Duolingo 75/TOEFL® IBT 45/IELTS 5.0/TOEIC 440/English Score 290. Dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris dikecualikan apabila kandidat adalah lulusan Perguruan Tinggi luar negeri dibuktikan dengan ijazah dengan masa lulus tidak lebih dari 2 (dua) tahun terhitung dari tanggal pendaftaran;
8. Letter of Acceptance (LoA) sebagai bukti telah diterima sebagai peserta diklat sesuai program studi dan Perguruan Tinggi tujuan;
9. surat pernyataan kesanggupan calon Peserta penerima Program Pengembangan Kompetensi sebagaimana terlampir;
10. surat rekomendasi dari atasan sebagaimana terlampir;
11. esai/personal statement sebagaimana terlampir; dan
12. surat keterangan sehat
Dokumen persyaratan yang harus diunggah untuk program beasiswa adalah berikut: 1. isian formulir pendaftaran pada laman https://gtk.kemdikbud.go.id/microcredential/;
2. hasil pindai (scan) Kartu Tanda Penduduk;
3. hasil pindai (scan) Surat Keputusan Pengangkatan guru ASN atau Surat Keputusan Pengangkatan guru tetap Yayasan;
4. hasil pindai (scan) Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
5. hasil pindai (scan) Ijazah dan transkrip nilai S-1/DI-V yang telah dilegalisir;
6. hasil pindai (scan) surat tugas mengajar;
7. hasil pindai (scan) sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dengan skor minimal TOEFL ITP 450/Duolingo 75/TOEFL® IBT 45/IELTS 5.0/TOEIC 440/ English Score 290 atau hasil pindai (scan) ijazah yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi luar negeri dengan masa lulus tidak lebih dari 2 (dua) tahun terhitung dari tanggal pendaftaran;
8. hasil pindai (scan) Letter of Acceptance (LOA) (setelah lulus seleksi);
9. hasil pindai (scan) surat pernyataan kesanggupan calon Peserta penerima Program Pengembangan Kompetensi (format lampiran 1).
10. hasil pindai (scan) surat rekomendasi dari atasan (format lampiran 2);
11. hasil pindai (scan) esai/personal statement (format lampiran 3); dan
12. hasil pindai (scan) surat keterangan sehat. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan berikut: https://s.id/MicroSTEM2024 Mohon kiranya Saudara dapat mendorong pihak sekolah dan para guru SD dan SMP, di bawah binaan Saudara yang memenuhi kriteria agar dapat mengikuti program tersebut. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengirim pesan pada surel narahubung Sdri. Rohmi Nurwiyati (rohmi.nurwiyati@dikbud.belajar.id). Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami ucapkan terima kasih.
BACA JUGA :
- Profil H. Damri Poti, S.Sos, M.Ap Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab Rokan Hulu Tahun 2024
- SE Pelaksanaan Kegiatan Sekitar Bulan Ramadhan Jenjang TK/PAUD, SD, SMP Kab Rokan Hulu T.P 2024
- DOWNLOAD Kop DISDIKPORA Kab Rokan Hulu Tahun 2024
- Penulisan Terbaru No Surat Di UPTD DIKPORA
- Contoh Kop Surat Resmi Dan Tidak Resmi
- Peraturan Kepala BSKAP Nomor 015/H/KP/2023 tentang POS AN ANBK Tahun 2023
- Hasil Perengkingan Nilai LIVESCORE PPPK Guru Kelas Kab Rokan Hulu 2023
- Foto Profil Kadis Margono, S.Sos, M.Si Kabupaten Rokan Hulu 2023

Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia / FOPPSI Kab Rokan Hulu), Semoga Bermanfaat
Wassalam