BERIKUT Jadwal LENGKAP ANBK 2023 Jenjang SD SMP SMA SMK

BERIKUT Jadwal LENGKAP ANBK 2023 Jenjang SD SMP SMA SMK 


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Berikut ini adalah jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 untuk jenjang SD SMP SMA SMK sederajat.

Jadwal ANBK 2023 tercantum dalam Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2023.

Asesmen Nasional 2023 akan diselenggarakan secara serentak untuk peserta didik, pendidik, dan kepala sekolah jenjang SD/SMP/SMA/SMK sederajat.

Asesmen Nasional (AN) adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar (sulingjar).

Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dan memperbaiki kualitas belajar mengajar.

Di dalam pelaksanaannya, Asesmen hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer. Sedangkan moda tes yang dapat dipilih adalah moda tes komputer daring (online) dan semi daring (semi online).


BACA JUGA: Prosedur Operasional Standar POS ANBK Tahun 2023


Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

Seluruh Mekanisme dan prosedur pelaksanaan Asemen nasional mengacu kepada Prosedur Operasional Standar (POS) AN yang ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Instrumen Asesmen Nasional sendiri terdiri atas, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

AKM bertujuan mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dalam Literasi Membaca dan Numerasi, Survei Karakter mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran yang mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas lingkungan belajar pada Satuan Pendidikan.

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari bentuk soal objektif (Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, dan Isian Singkat) dan bentuk soal non objektif (Uraian).

Komponen AKM terdiri atas konten, level kognitif, dan konteks. Hasil belajar non kognitif peserta didik yang diukur dalam Survei Karakter adalah sikap, kebiasaan, nilai-nilai pada enam aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; bernalar kritis; kemandirian; kreativitas; bergotong royong; dan berkebinekaan global.

Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk mengukur iklim keamanan; iklim inklusivitas; iklim kebinekaan; iklim kesetaraan gender; kualitas pembelajaran pada Satuan Pendidikan; refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru; kepemimpinan instruksional; serta dukungan orang tua dan murid terhadap program Satuan Pendidikan.


Jadwal ANBK Tahun 2023

Jadwal ANBK Tahun 2023

Berdasarkan POS Penyelenggaran Asesmen Nasional Tahun 2023, Asesmen Nasional (AN) tahun 2023 akan dimulai pada Agustus sampai dengan Oktober 2023.

Pelaksanaan AN untuk jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat dijadwalkan pada minggu keempat bulan Agustus 2023.

Untuk jenjang SMP/MTs/Sederajat dijadwalkan pada pertengan bulan September 2023, dan untuk jejang SD/MI/Sederajat dijadwalkan pada akhir bulan Oktober 2023.

Sedangkan Survei Lingkungan Belajar dijadwalkan akan dilaksanakan pada pertengahan September hingga akhir Oktober 2023.

Di dalam POS ANBK Tahun 2023 ini diatur hal-hal terkait pelaksanan ANBK Tahun 2023, antara lain mengenai jadwal Asesmen Nasional Tahun 2023

Berikut ini jadwal ANBK 2023 untuk jenjang SD SMP SMA SMK sederajat (AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar) selengkapnya

1. Jadwal Survei Lingkungan Belajar Kepala Sekolah dan Pendidik

Jadwal Survei Lingkungan Belajar 2023

2. Jadwal AN SMK, MAK, SMA, MA, SMALB dan yang sederajat

Jadwal AN SMK, MAK, SMA, MA, SMALB dan yang sederajat 2023

3. Jadwal AN Paket C/PKPPS Ulya dan yang sederajat

Jadwal AN Paket C/PKPPS Ulya dan yang sederajat 2023

4. Jadwal AN SMP, MTs, SMPLB dan yang sederajat

Jadwal AN SMP, MTs, SMPLB dan yang sederajat 2023

5. Jadwal AN Paket B / PKPPS Wustha dan yang sederajat

Jadwal AN Jadwal Paket B / PKPPS Wustha dan yang sederajat 2023

6. Jadwal AN SD, MI, SDLB dan yang sederajat Tahap I

Jadwal AN Jadwal SD, MI, SDLB dan yang sederajat Tahap I 2023

7. Jadwal AN SD, MI, SDLB dan yang sederajat Tahap I

Jadwal AN Jadwal SD, MI, SDLB dan yang sederajat Tahap I 2023

8. Jadwal SD, MI, SDLB dan yang sederajat Tahap II

Jadwal AN Jadwal SD, MI, SDLB dan yang sederajat Tahap II 2023

9. Jadwal AN Paket A/PKPPS ULA dan yang sederajat Tahap II

Jadwal AN Jadwal Paket A/PKPPS ULA dan yang sederajat Tahap II 2023

Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia FOPPSI Kab Rokan Hulu)Semoga Bermanfaat


Wassalam 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel