Pembuatan Akun belajar.id Secara Mandiri untuk Pendidik
Pembuatan Akun belajar.id Secara Mandiri untuk Pendidik
Anda dapat mengajukan pembuatan Akun belajar.id secara mandiri apabila:
- Anda belum memiliki Akun belajar.id, atau
- Akun tidak tersedia atau tidak ditemukan.
Sebelum melakukan pembuatan Akun belajar.id harap untuk melakukan cek ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan artikel ini.
Harap diperhatikan terlebih dulu beberapa hal yang menyebabkan akun Anda tidak ditemukan yaitu:
- Kesalahan penulisan data. Cek kembali data yang Anda masukkan di awal dan pastikan data Anda sudah tepat sesuai Dapodik dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan.
- Data Anda tidak terdaftar di Dapodik. Silakan menghubungi Admin atau Operator Sekolah Anda untuk dapat dilakukan pengecekan apakah data sudah masuk pada sistem dan tersinkronisasi di Dapodik.
Apabila telah melakukan pengecekan namun Akun masih tidak tersedia, silakan lakukan langkah berikut sesuai dengan hasil pengecekan yang Anda dapatkan:
Belum Memiliki Akun belajar.id
Respon pengecekan seperti yang terlihat pada gambar akan muncul jika Anda belum memiliki Akun belajar.id. Anda dapat melakukan pengajuan pembuatan akun secara mandiri sesuai dengan panduan berikut:
1. Pastikan data pribadi yang Anda masukkan, seperti: Tipe Pengguna, NPSN, Nama Lengkap, dan Tanggal Lahir Anda sudah benar kemudian klik tombol ‘Request Akun Sekarang’.
2. Anda dapat memilih metode pengiriman detail Akun belajar.id Anda:
- Melalui email pribadi, atau
- Melalui nomor handphone pribadi
Catatan:
Pengiriman detail akun melalui nomor handphone hanya bisa dipilih apabila Anda telah memiliki nomor yang terdaftar di Dapodik. Hubungi Admin Sekolah untuk mendaftarkan nomor Anda.
3. Jika Anda memilih untuk ‘Kirim ke alamat email pribadi’, masukkan alamat email pribadi Anda yang aktif, dan pastikan penulisan email sudah benar. Kemudian klik tombol ‘Kirim detail akun’.
4. Apabila Anda memilih untuk ‘Kirim ke nomor handphone pribadi’, harap untuk cek kembali nomor yang tertera. Untuk perubahan nomor handphone, harap menghubungi Admin Sekolah untuk mengganti nomor. Jika nomor yang tertera sudah sesuai, klik tombol ‘Kirim detail akun’ untuk melanjutkan.
5. Akun belajar.id Anda akan diproses dan sistem akan mengirimkan detailnya melalui metode pengiriman yang sebelumnya telah Anda pilih. Akun belajar.id Anda akan diproses paling lambat 3 hari setelah melakukan pengajuan. Pastikan agar selalu memeriksa email/SMS Anda secara berkala.
Akun belajar.id Tidak Ditemukan
Jika respon yang ditampilkan setelah Anda melakukan pengecekan ketersediaan akun adalah seperti gambar di atas, artinya Akun belajar.id Anda tidak ditemukan. Mohon cek kembali jika data yang Anda masukkan sudah sesuai. Apabila sudah sesuai namun respon yang ditampilkan masih sama, silakan mengajukan pembuatan melalui tim Helpdesk dengan:
1. Klik tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://www.belajar.id.
2. Isi data dengan sesuai dan pastikan memilih 'Kendala Pembuatan Akun Baru PTK' pada 'Kategori Masalah'. Silakan mengisi email, perihal laporan dan pilih subkategori dengan sesuai. Kemudian pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda yaitu 'Pendidik'.
3. Isi data lainnya yang diminta yaitu:
- Nama (sesuai yang terdaftar di dapodik)
- Email pribadi yang aktif
- Jenjang
- Nama sekolah
- Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
- NIK
- Provinsi dan Kota/Kabupaten
- Deskripsi
Catatan: Untuk kolom Email Akun belajar.id, dan lampiran tidak wajib diisi.
4. Cek kembali data yang sudah diisi. Jika sudah benar klik tombol 'Kirim'.
5. Akun belajar.id akan tersedia paling lambat 30 hari kerja sejak pengajuan terkirim. Harap untuk cek email terkait detail akun secara berkala.