Pembuatan Akun belajar.id Secara Mandiri untuk Peserta Didik

 

Pembuatan Akun belajar.id Secara Mandiri untuk Peserta Didik

Anda dapat mengajukan pembuatan Akun belajar.id secara mandiri apabila:

  • Anda belum memiliki Akun belajar.id, atau
  • Akun tidak tersedia atau tidak ditemukan.

Sebelum melakukan pembuatan Akun belajar.id harap untuk melakukan cek ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan artikel ini.

 

Harap diperhatikan terlebih dulu beberapa hal yang menyebabkan akun Anda tidak ditemukan yaitu:

  1. Kesalahan penulisan data. Cek kembali data yang Anda masukkan di awal dan pastikan data Anda sudah tepat sesuai Dapodik dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan. 
  2. Data Anda tidak terdaftar di Dapodik. Silakan menghubungi Admin atau Operator Sekolah Anda untuk dapat dilakukan pengecekan apakah data sudah masuk pada sistem dan tersinkronisasi di Dapodik.

Apabila telah melakukan pengecekan namun Akun masih tidak tersedia, silakan lakukan langkah berikut sesuai dengan hasil pengecekan yang Anda dapatkan:

 

Belum Memiliki Akun belajar.id

image__6___1_b.png

Respon pengecekan seperti yang terlihat pada gambar akan muncul jika Anda belum memiliki Akun belajar.id. Anda dapat melakukan pengajuan pembuatan akun secara mandiri sesuai dengan panduan berikut:


1. Pastikan data pribadi yang Anda masukkan, seperti: Tipe Pengguna, NPSN, Nama Lengkap, dan Tanggal Lahir Anda sudah benar kemudian klik tombol ‘Request Akun Sekarang’.

Screenshot_693a.png

 

2. Detail Akun belajar.id untuk Peserta Didik akan dikirimkan melalui email. Masukkan alamat email pribadi Anda yang aktif, dan pastikan penulisan email sudah benar. Selanjutnya, klik tombol ‘Kirim detail akun’.

Screenshot_688.png

 

3. Akun belajar.id Anda akan diproses dan sistem akan mengirimkan detailnya melalui email pribadi yang Anda masukkan. Akun belajar.id Anda akan diproses paling lambat 3 hari setelah melakukan pengajuan. Pastikan agar selalu memeriksa email Anda secara berkala.

Screenshot_497.png

 

Akun belajar.id Tidak Ditemukan

Jika respon yang ditampilkan setelah Anda melakukan pengecekan ketersediaan akun adalah seperti gambar di atas, artinya Akun belajar.id Anda tidak ditemukan.  Mohon cek kembali jika data yang Anda masukkan sudah sesuai. Apabila sudah sesuai namun respon yang ditampilkan masih sama, silakan mengajukan pembuatan melalui tim Helpdesk dengan:

 

1. Klik tombol “Butuh Bantuan” pada laman https://www.belajar.id.

Screenshot_538.png

 

2. Isi data dengan sesuai dan pastikan memilih “Permintaan Pembuatan Akun Baru Peserta Didik” pada “Kategori Masalah”. Silakan mengisi email dan perihal laporan dengan sesuai dan juga pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda yaitu “Peserta Didik”.

Screenshot_546.png

BACA JUGA:

 

3. Isi data lainnya yang diminta yaitu:

  • Nama (sesuai yang terdaftar di dapodik)
  • Email pribadi yang aktif
  • Jenjang
  • Nama sekolah
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • NIK
  • Provinsi dan Kota/Kabupaten
  • Deskripsi

Catatan: Untuk kolom Email Akun belajar.id dan lampiran tidak wajib diisi.

Screenshot_540.png Screenshot_541.png Screenshot_542.png

 

4. Cek kembali data yang sudah diisi. Jika sudah benar klik tombol “Kirim”.

Screenshot_543.png


5. Akun belajar.id akan tersedia paling lambat 30 hari kerja sejak pengajuan terkirim. Harap untuk cek email terkait detail akun secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel