Cara Melaporkan Kendala Melalui Tombol 'Butuh Bantuan'

 Selain Anda bisa menemukan berbagai informasi terkait Akun belajar.id pada laman https://belajar.id dan https://bit.ly/faq-belajarid. Tersedia juga tombol ‘Butuh Bantuan’ yang memfasilitasi Anda dalam pengajuan laporan atas kendala terkait akun kepada tim helpdesk belajar.id. Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini dalam menggunakan tombol ‘Butuh Bantuan’ dengan baik dan benar: 

 

1. Kunjungi laman https://belajar.id pada peramban di perangkat Anda. Tombol ini hanya dapat diakses pada hari Senin-Jumat, pukul 09.00-17.00. Tidak termasuk hari libur nasional

 

2. Pada halaman utama laman belajar.id, temukan tombol berwarna biru bertuliskan ‘Butuh Bantuan’ pada pojok kanan bawah laman belajar.id

butuh_bantuan.jpg

 

3. Masukkan ‘Alamat email’ dengan email pribadi Anda yang aktif (bukan email @belajar.id) dan buat 'Judul Pertanyaan' yang sesuai dengan kendala yang Anda alami.

butuh_bantuan_1.jpg

Penting!

Jawaban dari tim helpdesk akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan. Jadi pastikan email tersebut aktif dan rutin Anda buka.

 

4. Pilih ‘Kategori Masalah’ untuk memudahkan tim Helpdesk mengidentifikasi kendala yang Anda alami. Kemudian juga pilih ‘Tipe Pengguna’ sesuai peran Anda dan masukkan ‘Nama’ Anda yang sesuai dan terdaftar di Dapodik.

butuh_bantuan_2.jpg

 

5. Masukkan ‘Email Pribadi’ Anda yang aktif. Alamat email yang Anda cantumkan di sini harus sama dengan email yang Anda masukkan pada kolom email di awal formulir laporan. Kemudian masukkan ‘Email Akun Pembelajaran (Belajar.id)’ Anda dan ‘Jenjang’ sekolah Anda bernaung saat ini.

butuh_bantuan_3.jpg

Catatan:

Pastikan dalam penulisan tanda huruf sudah benar dan sesuai.

 

6. Tulis ‘Nama Sekolah’ Anda saat ini serta masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Anda dapat melakukan pengecekan melalui https://referensi.data.kemdikbud.go.id/. Lalu, masukkan ‘NIK’ Anda.

butuh_bantuan_4.jpg

Catatan:

Pastikan untuk menuliskan angka atau nomor dengan benar.

 

7. Masukkan ‘Provinsi’ dari sekolah Anda berada kemudian tulis secara detail atas pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke tim helpdesk pada bagian ‘Detail Pertanyaan’.

butuh_bantuan_5.jpg

 

BACA JUGA:

8. Pada bagian ‘Lampirkan’, silakan unggah dokumen pendukung, seperti:

  • Surat Penunjukan sebagai Admin/Dinas
  • Surat Pembuatan Akun (jika ada)
  • Bukti akun terdaftar di Dapodik, dan sebagainya.

Anda dapat melampirkan data maksimal 5 berkas. Cek kembali semua data yang telah Anda isi telah sesuai dan benar, lalu tekan tombol ‘Kirim’.

butuh_bantuan_6.jpg

 

Selanjutnya, tim helpdesk akan melakukan pengecekan atas kendala yang telah Anda laporkan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ dan akan mengirimkan feedback atau jawaban melalui email pribadi Anda dalam kurun waktu 14 hari kerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel