Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN 2023
Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN 2023
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Isi dari Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN 2023
Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN 2023
Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek telah menerbitkan Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN Tahun 2023.
Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN 2023 ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan :
1) seputar pertanyaan umum,
2) seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM),
3) seputar Survei Karakter,
4) seputar Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar),
5) seputar Laporan AN dan Tindak Lanjut AN.
Buku Kumpulan SSD tentang AN ini dapat dimanfaatkan dan menjadi salah satu sumber informasi/jawaban atas berbagai pertanyaan dari para pemangku kepentingan (stakeholder) di daerah maupun satuan pendidikan untuk memahami Asesmen Nasional, yang pada akhirnya dapat memberi dampak positif dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pelaksanaan Asesmen Nasional yang akan datang.
Berikut ini beberapa isi dari Buku Kumpulan SSD tentang AN Tahun 2023.
Apa itu Asesmen Nasional?
Pasal 1 Ayat 1 Permendikbudristek No. 17 Tahun 2021 : Asesmen Nasional yang
selanjutnya disingkat AN adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Apakah Asesmen Nasional menggantikan Ujian Nasional?
Asesmen Nasional tidak menggantikan peran Ujian Nasional dalam mengevaluasi
prestasi atau hasil belajar peserta didik secara individual, namun memiliki peran yang sama dalam hal menjadi sumber informasi untuk pemetaan dan evaluasi mutu sistem pendidikan.
Mengapa perlu ada Asesmen Nasional?
Asesmen Nasional sebagai bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah pusat diperlukan dalam rangka memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif untuk menghasilkan Profil Pendidikan yang merupakan laporan layanan pendidikan dasar dan menengah untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dan penetapan Rapor Pendidikan.
Profil pendidikan tersebut terdiri dari:
1. Profil Satuan Pendidikan;
2. Profil Pendidikan Daerah; dan
3. Profil Pendidikan Nasional
Profil Pendidikan tersebut dapat membantu satuan pendidikan dan Pemerintah dalam
mengidentifikasi indikator-indikator yang sudah baik maupun yang masih perlu ditingkatkan, kemudian melakukan refleksi untuk menentukan akar masalah, dan menyusun program serta strategi membenahi akar masalah tersebut untuk peningkatan mutu pendidikan.
Apa tujuan dari Asesmen Nasional?
Asesmen nasional bertujuan untuk mengukur:
1. hasil belajar kognitif;
2. hasil belajar nonkognitif; dan
3. kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.
Asesmen Nasional tidak bertujuan untuk mengukur hasil belajar individu peserta didik dan tidak untuk pemeringkatan antar satuan pendidikan/daerah.
Siapa yang menjadi peserta Asesmen Nasional?
Asesmen Nasional diikuti oleh seluruh satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, termasuk satuan pendidikan Indonesia di luar negeri (SILN dan PKBM di luar negeri) yang memiliki NPSN.
Unsur-unsur Peserta Asesmen Nasional terdiri dari:
1. Peserta Didik
Peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang memiliki NISN dan dipilih secara acak. Peserta didik dari Sekolah Luar Biasa (SLB) diikuti oleh perwakilan peserta didik disabilitas sensorik rungu (tunarungu) dan/atau disabilitas fisik (tunadaksa) yang tidak memiliki ketunaan tambahan, hambatan intelektual, bahasa/membaca, dan dapat mengerjakan AN secara mandiri.
2. Pendidik
Seluruh Pendidik di setiap satuan pendidikan yang terdaftar pada pangkalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS).
3. Kepala Satuan Pendidikan
Seluruh kepala satuan pendidikan di setiap satuan pendidikan yang terdaftar pada pangkalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS).
Mengapa yang menjadi sampel Adalah Peserta Didik kelas V, VIII, dan XI?
Pemilihan peserta didik kelas V, VIII, dan XI dimaksudkan bahwa peserta didik tersebut telah mengalami proses pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing.
Dari hasil Asesmen Nasional dan perbaikan mutu pembelajaran di satuan pendidikan, peserta didik diharapkan dapat merasakan dampak dari perbaikan tersebut.
BACA JUGA :
- Perubahan POS Survei Lingkungan Belajar Sulingjar PAUD 2023
- Juknis Survei Lingkungan Belajar Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023
- Peraturan Kepala BSKAP Nomor 015/H/KP/2023 tentang POS AN ANBK Tahun 2023
- Prosedur Operasional Standar POS ANBK Tahun 2023
- Foto Profil Kadis Margono, S.Sos, M.Si Kabupaten Rokan Hulu 2023
DOWNLOAD dan BACA Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN 2023
Selengkapnya silahkan Unduh Buku Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional AN 2023 Disini
REKOMENDASI KAMI : Buku Saku Adiksimba Asesmen Nasional AN Tahun 2023
Terima kasih telah berkunjung diwebsitenya Operator Sekolah (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia / FOPPSI Kab Rokan Hulu), Semoga Bermanfaat
Wassalam