CONTOH Laporan Kegiatan ANBK

 CONTOH Laporan Kegiatan ANBK

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan Kemdikbud sebagai pengganti ujian nasional.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan Kemdikbud sebagai pengganti ujian nasional.

 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

 


BACA JUGA :


Sistematika Penulisan Laporan Kegiatan ANBK

Untuk membuat sebuah laporan kegiatan ANBK yang baik dan benar, ada sistematika penulisan yang bisa diikuti agar hasilnya rapi dan lengkap.

Berikut ini komponen-komponen penyusun laporan kegiatan ANBK yang standar minimal harus ada:

1.  Halaman sampul atau cover, memuat keterangan seperti judul laporan dan tahun pelaksanaan. Lengkap juga dengan nama sekolah, logo tut wuri handayani, alamat, kode pos, email, dan juga website sekolah jika ada.

2.  Isi, berisikan judul dengan font besar dan bold agar gampang untuk dibaca.

3.  Pendahuluan, berisikan latar belakang penyusunan laporan serta beberapa tujuan yang ingin tercapai.

4.  Landasan Hukum, memuat daftar peraturan-peraturan yang melandasi mengapa kegiatan berjalan dan juga mengapa laporan ini pennting.

5.  Waktu dan Tempat, berisikan informasi lengkap tanggal pelaksanaan kegiatan ANBK dan juga tempat dimana kegiatan dilaksanakan.

6.  Status dan Model Pelaksanaan, berisikan dua data penting yaitu status pelaksanaan yaitu mandiri atau menumpang dan moda yaitu online atau offline.

7.  Peserta, memuat informasi jumlah peserta didik yang mengikuti ANBK dan juga pengajar serta kepala sekolah yang mengikuti survei lingkungan belajar.

8.  Jadwal Pelaksanaan, memuat informasi jadwal pelaksanaan yang lengkap mulai dari tanggal dan hari, gelombang, sesi, waktu, jenis asesmen dan juga durasinya.

9.  Hasil yang Dicapai, diisi oleh rangkaian kegiatan yang berhasil terlaksana dalam pelaksanaan ANBK seperti pengisian daftar hadir, pengunggahan berita acara, dan hasil ANBK yang telah diumumkan sesuai jadwal.

10.              Dana Pelaksanaan, memuat informasi penting dari mana dana pelaksanaan ANBK berasal. Diperinci juga penggunaannya seperti untuk teknisi, transport pengawas, konsumsi, dan lain-lain.

11.              Hambatan dan Saran, diisi dengan dua hal yang saling berkaitan yaitu hambatan yang terjadi selama pelaksanaan dan saran yang diajukan agar hambatan atau halangan tersebut tidak ada lagi di tahun mendatang.

12.              Penutup, memuat kalimat penutup dan juga harapan atas rampungnya ANBK dan juga laporan kegiatannya. Diakhiri dengan tanda tangan dari Kepala Sekolah.

 

Tujuan dan Manfaat Laporan Kegiatan ANBK

Sebuah laporan kegiatan disusun tentu karena ada tujuannya tersendiri. Berikut ini tujuan yang bisa dicapai oleh sebuah laporan kegiatan:

1.  Identifikasi atau penggambaran kegiatan secara menyeluruh

2.  Menguraikan kegiatan 

3.  Mendokumentasikan semua rangkaian dan catatan selama keberlangsungan ANBK

4.  Memenuhi syarat administrasi pelaksanaan 

5.  Sebagai bahan penilaian dalam hal mempertimbangkan kegiatan ANBK di masa mendatang

6.  Memberikan fakta, data, informasi, dan kondisi senyata mungkin mengenai kegiatan ANBK

7.  Mengambil kesimpulan dari pelaksanaan ANBK

Itulah tujuan yang bisa dicapai oleh laporan kegiatan ANBK. Selain itu ada juga manfaat dari penyusunan laporan kegiatan ANBK, seperti yang tertera dalam daftar berikut ini:

1.  Sebagai bukti pertanggungjawaban bahwa kegiatan ANBK telah diselenggarakan

2.  Menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan ANBK di tahun berikutnya

3.  Sebagai penentu penetapan pedoman dan instruksi dari pimpinan

4.  Menjadi dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan atau kebijakan baru tertentu

5.  Sebagai data historis sebuah pengembangan terkait satu unit atau pun unit lebih besarnya

6.  Menjadi bahan untuk memahami sebuah kegiatan pengembangan dan revisi menuju yang lebih baik

Satu laporan sederhana bisa memegang berbagai peranan penting untuk masa depan satu lembaga pendidikan.

 


CONTOH Laporan Kegiatan ANBK

Format SK ini dalam bentuk MC Word, Silahkan Anda edit sesuai kebutuhan Sekolah anda.

👉=======UNDUH DISINI=======👈


REKOMENDASI KAMI :

Demikianlah CONTOH Laporan Kegiatan ANBK semoga bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel