Bidang TK Kelompok Kompetensi B
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai Guru Taman
Kanak-kanak yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16
Tahun 2007 adalah menguasasi karakteristik peserta didik pada aspek fisik,
moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Tuntutan kompetensi ini
mengharuskan guru untuk mempelajari, memahami, dan mampu mengimplementasikan
Teori Bermain dan Merancang Kegiatan Bermain di TK. Oleh karena itu, kajian
terhadap dasar-dasar pendidikan anak usia dini, khususnya anak usia 4-6 tahun
menjadi sangat penting dan strategis bagi guru Taman Kanak-kanak (TK) maupun
Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) secara keseluruhan.
Kajian tentang Teori Bermain dan Merancang Kegiatan Bermain di
TK., menjadi landasan bagi upaya perolehan berbagai kompetensi pendidik
lainnya. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa untuk dapat mengelola
pembelajaran di TK, maka penguasaan guru tentang karakteristik peserta didik
menjadi syarat mutlak. Modul ini dalam prakteknya tidak hanya digunakan dalam
proses pelatihan tatap muka, akan tetapi juga digunakan sebagai bahan belajar
mandiri bagi para peserta.
Modul dengan topik Teori Bermain dan Merancang Kegiatan
Bermain di TK merupakan salah satu dari sepuluh modul yang disajikan pada
Program Guru Pembelajar. Secara lengkap kesepuluh modul yang dimaksud adalah:
1. Deteksi TumbuhKembang Anak Usia Dini
2. Teori Bermain dan Perkembangan Anak TK
3. Kurikulum dan Program Pembelajaran di TK
4. Strategi Pengembangan dan Pembelajaran di TK
5. Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di TK
6. Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak
7. Komunikasi yang Efektif bagi guru TK
8. Penilaian di Taman Kanak-Kanak
9. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
10. Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru TK
Modul ini terdiri dari dua kegiatan kompetensi pedagogik dan
professional dengan empat Kegiatan Pembelajaran, yaitu Kegiatan Pembelajaran ke
satu;Teori Bermain dan Perkembangan Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Barat,
Timur dan Agama, Kegiatan Pembelajaran ke dua; Penerapan teori Bermain dan
Perkembangan Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Barat, Timur, dan Agama, untuk
kompetensi pedagogik (Teori Bermain Anak Usia Dini). Sedangkan Kegiatan
Pembelajaran ke tiga: Pendekatan metode dan teknik bermain sambil belajar
dengan berbagai perkembangan anak usia, dan Kegiatan Pembelajaran ke empat;
Strategi penerapan bermain untuk mengembangkan aspek perkembangan anak usia
dini, untuk kompetensi profesional (Merancang Kegiatan Bermain di TK).
Pembahasan secara lebih spesifik akan disajikan pada diklat lanjutan khusus
perkembangan anak usia dini. Untuk masing-masing materi pokok, akan disajikan
latihan, rangkuman, serta evaluasi dan tindak lanjutnya.
selengkanya Unduh Disini
