Dalam dunia pendidikan,
kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian adalah tiga dimensi dari sekian
banyak dimensi yang sangat penting. Kurikulum merupakan penjabaran tujuan
pendidikan nasional yang menjadi landasan proses pembelajaran. Proses
pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan yang
dirumuskan dalam kurikulum. Dan penilaian merupakan salah satu kegiatan yang
dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum (Sumarna:
2004).

Penilaian di Sekolah
Dasar untuk semua Kompetensi Dasar mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Teknik penilaian sikap dapat menggunakan observasi, wawancara,
catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertentu (incidental
record), penilaian diri, atau penilaian antar-teman. Teknik penilaian
pengetahuan menggunakan tes tertulis, lisan, dan penugasan. Teknik penilaian
keterampilan meliputi penilaian kinerja, penilaian proyek, dan portofolio.
Hasil penilaian dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan
peserta didik, selain itu hasil penilaian dapat juga memberi gambaran tingkat
keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu. Berdasarkan hasil
penilaian, kita dapat memanfaatkan untuk perbaikan (remedial) dan pengayaan.
Hal tersebut dilakukan agar guru dapat menentukan langkah atau upaya yang harus
dilakukan dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.
Selengkapnya unduh Disini